WISUDA DARING UNIVERSITAS LAMPUNG 2020

WISUDA DARING UNIVERSITAS LAMPUNG 2020

(Unila): Universitas Lampung (Unila) wisuda periode IV dan V Tahun Akademik 2019/2020 secara daring via Zoom, Rabu (24/6/2020), dengan wisudawan/wati 1.591 orang.

Pemberian ijazah secara simbolis dilakukan di GSG kampus setempat kepada
lulusan terbaik perwakilan fakultas dan universitas yang dikukuhkan dengan keputusan Rektor Unila Nomor 817/UN26/PP.06.03/2020 untuk periode IV dan 1298/UN26/PP.06.03/2020 untuk periode V.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Prof. Dr. Heryandi, S.H., M.S., menyampaikan, lulusan pada periode IV terdiri dari 116 program magister, 8 orang program profesi, 813 orang program sarjana, dan 18 orang program diploma. Kemudian pada periode V terbagi atas 39 program magister, 102 orang program profesi, 420 orang program sarjana, dan 19 orang program diploma.

Rektor Unila Prof. Karomani dalam pidatonya menyampaikan, penyelenggaraan wisuda daring perdana diselenggarakan Unila merupakan sebuah upacara yang menandai perubahan status bagi para lulusan. Dengan berubahnya status tersebut, maka berubah pula tanggung jawab yang akan dipikul para lulusan.

Saat menjadi mahasiswa lulusan dibebani tanggung jawab akademik dan sosial seperti melatih argumentasi secara ilmiah, menyajikan karya tulis secara ilmiah, menyusun rancangan dengan basis ilmiah, dan sebagainya.

Melakukan sesuatu dengan cara ilmiah artinya berpijak kepada asas kebenaran atau bertujuan mendekati dan menyingkapi kebenaran. Melaksanakan tanggung jawab akademik merupakan bentuk kesetiaan pada asas kebenaran.

Selain menegakkan kebenaran, kejujuran di manapun berada, Karomani mengajak para lulusan untuk tidak berhenti menambah dan mengembangkan yang sudah diperoleh selama menempuh pendidikan di Unila.

Jika lulusan tidak mampu mengimplementasikan iptek yang dikuasai ke dalam tindakan sosial, maka nilai tersebut akan luntur.

“Iptek adalah kekuatan intelektual manusia, kekuatan luhur yang diraih oleh manusia. Kekuatan ini akan jadi bernilai tinggi bila digunakan untuk kepentingan kemaslahatan umat, bangsa, dan negara,” imbuhnya.

Lebih lanjut Karomani menambahkan, peran strategis alumni Unila baik yang telah bekerja di instansi pemerintah, swasta, atau menjadi wirausahawan mandiri sangat diharapkan kontribusinya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera adil dan makmur.  [ikh]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *