Webinar seminar nasional FISIP Unila: “Dilema politik lingkungan”

Webinar seminar nasional FISIP Unila: “Dilema politik lingkungan”

Unila – Webinar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dilaksanakan di Laboratorium komputer Gedung UPT TIK UNILA lantai 2 Ruang 204. Acara dimulai pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB, (Selasa, 16/06/2020).


Dari keragaman hayati Indonesia terbesar ke dua setelah Brazil dan menyumbang 15 % dari keanekaragaman hayati yang ada namun sayangnya bangsa kita belum bisa mendayagunakan ada eksploitasi besar-besaran yang berorientasi pada ekonomi.

Menurut Dekan FISIP Unila Dr. Syarief Makhya “disatu sisi juga degradasi lingkungan tidak bisa diatasi, sehingga kondisi sekarang adalah kondisi kritis dimana terlihat kondisi hutan hujan tropis yang ada di Kalimantan, Sumatra sudah habis dikomersialisasi menjadi lahan sawit, tambang dan sebagainya selain itu kondisi terumbu karang, mangrove di setiap daerah juga sudah rusak akibat aktivitas pertambakan, wisata yang tidak melihat keseimbangan lingkungan, ekologi dan sebagainya yang berujung pada kepunahan species oleh karena itu kerusakan lingkungan memunculkan banyak sekali wabah, salah satunya saat ini adalah wabah Covid – 19”.

Era saat ini sudah masuk era new normal, dimana kita harus berdamai dengan Covid – 19, “bagaimana kemudian perilaku masyarakat indonesia di era new normal saat ini, bagaimana pula kita memperbaiki kembali sistem ekonomi kita yang tadinya kental dengan komersil lalu kemudian hijrah ke paradikma pembangunan yang mengedepankan keseimbangan lingkungan, serta apa saja strategi dan tantangan politik lingkungan pasca Covid-19” paparnya.

Telah hadir dalam seminar ini tiga nara sumber, Prof. Dr. Ir.Hariadi Kartodihardjo, MS Guru Besar Kebijakan Kehutanan Fakultas Kehutanan Pascasarjana Institute Pertanian Bogor, Prof. Dr. Dra. Ida Yustina, MSi merupakan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara, Dr. Drs. R. Pitoyo Budiono M.Sc. Dosen aktif di jurusan ilmu pemerintahan FISIP Universitas Lampung. [ikh]