Universitas Lampung (UNILA) dan Indosat Ooredoo Digital Camp (ID Camp) gelar Talkshow: “ Perkembangan Industri Digital di Indonesia”.

Universitas Lampung (UNILA) dan Indosat Ooredoo Digital Camp (ID Camp) gelar Talkshow: “ Perkembangan Industri Digital di Indonesia”.

Bandar Lampung, Universitas Lampung – Universitas Lampung (Unila) bekerja sama dengan Indosat siap mencetak talenta digital sebagai developer aplikasi andal lewat program beasiswa training dan sertifikasi online dari Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp). Program kerja sama ini diwujudkan dengan menggelar Talkshow IDCamp di Gedung Serba Guna Universitas Lampung, Senin (16/9).

Hadir dalam acara tersebut Rektor Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P, Kepala UPT. TIK Unila Dr. Ing Ardian Ulvan, S.T., M.Sc., dari pihak Indosat hadir Intan Abdams Katoppo selaku Chief Business Officer Indosat Ooredoo beserta Staff nya dan 252 mahasiswa Unila.

“Banyak sekali industri yang mapan dan besar dikalahkan oleh kreativitas dunia digital, jika tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi akan menjadi korban revolusi industri 4.0” jelas Prof.Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P, dalam sambutannya.

IDCamp merupakan program beasiswa dari Indosat Ooredoo untuk mencetak developer/programmer muda Indonesia yang siap bersaing didunia ekonomi digital dengan memberikan total 10.000 beasiswa belajar coding untuk 3 kategori kelas pemrograman yakni Android Developer Expert, Kotlin Android Developer dan Progressive Web Apps Developer.

“Developer Indonesia belum siap untuk terjun kedunia industri” menurut Gilang Ramadhan dalam pemaparannya di talkshow Indosat Ooredoo di Unila kemarin.

Dr. Ing Ardian Ulvan, S.T., M.Sc., Menjelaskan bahwa lulusan IT yang ada belum bisa memenuhi permintaan dari dunia kerjanya karena skill yang rendah. Perlu adanya pembenahan ; Perbaiki kualitas (kurikulum), Dosen pengajar, Infrastruktur dan Ekosistem (wadah) untuk bisa menuangkan kreativitas mahasiswa.

Indosat sendiri telah melakukan roadshow ke Universitas beberapa kota-kota besar di tanah air untuk mensosialisasikan program IDCamp tutur Intan Abdams Katoppo.

Adapun untuk modul pelatihan online dari IDCamp dikembangkan oleh Dicoding selaku Google Authorized Training Partners di Indonesia bekerja sama dengan Indosat Ooredoo dengan memanfaatkan use case yang sering ditemui dalam dunia industri khususnya telekomunikasi dan dipadukan dengan metode mentoring secara online.

Selain itu program IDCamp juga telah menyediakan fasilitator dan forum diskusi online bekerjasama dengan Dicoding Indonesia sebagai sarana untuk membantu peserta menyelesaikan modul belajar secara online sesuai jadwal.

Pendaftaran beasiswa IDCamp dibuka sejak 2 Agustus 2019 hingga 27 September 2019 dengan megisi formulir pendaftaran yang ada pada laman resmi IDCamp.

Di akhir program, Indosat Ooredoo dan Dicoding akan membantu talenta digital terbaik lulusan IDCamp untuk mendapatkan akses pekerjaan.

Prof.Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P, Rektor Unila, menyerahkan plakat sebagai simbol kerjasama antara Universitas Lampung dan Indosat pada program talkshow Indosat Ooredoo Digital Camp (ID Camp) di GSG Universitas Lampung, (Ikh/Orz).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *