Melalui Rakorcan Unila Susun Capaian Renstra dan Kontrak Kinerja

Melalui Rakorcan Unila Susun Capaian Renstra dan Kontrak Kinerja

(Unila – Kamis, 14/05/2020): Dalam rangka menyusun rencana kegiatan dan anggaran Universitas Lampung (Unila), Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM) pada bagian perencanaan menggelar rapat koordinasi perencanaan (Rakorcan) melalui daring.

Rapat diikuti 89 peserta yang terdiri dari rektor, para wakil rektor, dekan, wakil dekan, ketua UPT, kepala badan, dan seluruh ketua jurusan di lingkungan Unila.

Saat membuka acara, Rektor Unila Prof. Karomani mengingatkan para pimpinan di tiap unit kerja agar berupaya mencapai target kontrak kinerja. Perlu melakukan berbagai strategi untuk mewujudkan sejumlah kontrak kinerja yang dicapai seiring munculnya kebijakan baru terkait kasus covid-19.

Pada kesempatan itu pula para wakil rektor ikut menyampaikan kebijakan sesuai tugas pokok dan fungsinya. Di antaranya Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Prof. Heryandi yang menyampaikan program Kampus Merdeka dan berbagai percepatan lektor kepala dan guru besar.

Selanjutnya Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. dr. Asep Sukohar, M.Kes., tentang pengelolaan SDM dan keuangan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Yulianto mengenai progam pembinaan prestasi dan kewirausahaan mahasiswa, kemudian Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama dan TIK Prof. Suharso menyampaikan program penganggaran, kerja sama, dan berbagai percepatan di bidang TIK.

Kepala Bagian Perencanaan Unila Masduki, S.Si., M.Ak., mengungkapkan, upaya untuk merealisasikan capaian kinerja rektor dapat dicapai melalui beberapa cara. Di antaranya dapat dihimpun dari capaian kontrak kinerja para dekan dan wakil rektor yang pada akhirnya menjadi nilai dari hasil kinerja suatu perguruan tinggi secara luas. Keberhasilan perguruan tinggi dalam memenuhi kontrak kinerja juga bersinggungan dengan rencana strategis yang dimiliki Unila.

Untuk mewujudkan hal itu, rakorcan akan menghasilkan susunan RKA-KL melalui Simren yang akan menguraikan seluruh kegiatan. Namun sebelum RKA-KL digunakan, draf akan diulas terlebih dahulu oleh staf khusus rektor bersama para wakil rektor. Menurutnya ”penyusunan dilakukan secara bottom up dengan memperhatikan berbagai kebijakan yang telah diarahkan oleh pimpinan di Unilaā€¯. [ikh]