Single Sign On (SSO) merupakan salah satu dari dua agenda baru dalam implementasi jaringan di Unila. Agenda lainnya adalah migrasi jaringan ke sistem baru yang meliputi penyelarasan jaringan wireless dan cable di seluruh fakultas dan Unit kerja.

Single Sign On (SSO) sistem yang mengizinkan civitas akademika untuk dapat mengakses jaringan di Universitas Lampung. Secara teknis, SSO dapat mengintegrasikan proses autentikasi pengguna ke berbagai aplikasi. Cukup dengan satu akun, pengguna sudah bisa membuka e-mail, sistem e-learning (virtual class) Unila untuk perkulian, dan Sikebas untuk keringanan UKT mahasasiswa. Selanjutnya, SSO juga dapat digunakan untuk aplikasi blog dosen dan VPN.  Berikut gambaran tampilan awal SSO Universitas Lampung.

 

Gambar. Portal SSO UNILA

UPA TIK juga memiliki layanan helpdesk yang berfungsi sebagai akses layanan online bagi civitas akademika Universitas Lampung untuk menyampaikan masalah / kendala pada sistem informasi. Seperti masalah : registrasi/lupa akun SSO,  email resmi UNILA, kendala koneksi internet, website down, siakad, ataupun pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan sistem informasi.

Berikut grafik aduan layanan helpdesk UPA TIK UNILA tiga tahun terakhir yang menunjukkan penurunan aduan dari civitas akademika.

Grafik Layanan Helpdesk 2022-2024