TIK-Unila: KEPALA Divisi Pusat Pelatihan Sistem Informasi UPT TIK Ing. Hery Dian Septama, S.T., menjelaskan, sistem ujian yang diselenggarakan TIK Unila memiliki beragam keunggulan baik bagi dosen, mahasiswa, maupun kepentingan administrasi akademik kampus.

    Bagi dosen menurut Hery, sistem ini akan mempermudah kinerja dosen terutama dalam sistem pengoreksian soal. Sebab, dalam Ujian Akhir Semester (UAS) online sistem lah yang langsung melakukan pengoreksian soal.

    “Jika ujian UAS online diadakan dalam bentuk multiple choice maka dosen tak perlu mengoreksi lagi. Tapi kalau soal berupa esai masih bisa dikoreksi hanya saja harus ada pihak lain yang melakukan pembobotan nilai pada jawaban,” ujarnya.

    Lantas apa keuntungan sistem ini bagi mahasiswa? Hery mengungkapkan, UAS online amat bermanfaat bagi mahasiswa. Sebab, mereka akan lebih familiar dengan sistem berbasis online sejak di bangku kuliah.

    “Ketika sudah lulus nanti mereka terbiasa menghadapi sistem ujian seperti ini. Terlebih sistem berbasis online akan menjadi tren, artinya mereka lebih up to date dalam menghadapi perubahan,” kata dia.

    Sementara bagi sistem administrasi akademik tentu saja sistem tes online ini dapat lebih bermanfaat karena akan sangat membantu sekali dalam sistem tabulasi nilai mahasiswa. Itu karena efektifitas waktu pengoreksiannya lebih cepat ketimbang offline.

    Selesai ujian, saat itu juga nilai mahasiswa sudah ke luar. Kemudian nilai-nilai itu otomatis dapat langsung direkap dan disetor ke bagian akademik untuk dimasukkan dalam sistem SIAKAD. “Dosen juga bisa langsung tahu sebaran nilai mahasiswa di kelasnya,” ungkap Hery.[Inay]

    Categories: UAS Online

    Leave a Reply


    Kepala UPT TIK Universitas Lampung

    Puskom